Perbedaan Hacker dengan Cracker | Kalian Wajib Tahu!!!

Perbedaan Hacker dengan Cracker

Perbedaan Hacker dengan Cracker
Perbedaan Hacker dengan Cracker - Pancarama.com - Apa yang terbayang difikiran kalian apabila mendengar kata Hacker dan Cracker? Mungkin kalian akan berfikir jika seorang Hacker dan Cracker adalah seseorang yang bertindak kejahatan atau kriminal, seperti meretas komputer, merusak sistem komputer, dan hal lain yang bersifat negatif.

Memang secara garis besar hacker merupakan seseorang yang hobinya adalah mencari dan menemukan celah untuk menyusup dalam sistem komputer. Berbeda halnya dengan Cracker, yang justru merusak dan meretas sebuah sistem komputer.

Itu merupakan sebuah perbedaan yang mendasar antara Hacker dan Cracker. Akan tetapi tidak hanya perbedaan itu saja, masih ada perbedaan lainnya yang membandingkan antara Hacker dengan Cracker.

Sebelum ke inti dari postingan ini, mari kita ulas apa sih Hacker dan Cracker itu? Simak penjelasannya!

Definisi Hacker dengan Cracker

Hacker adalah seseorang yang melakukan aktifitas pembobolan dalam suatu sistem komputer. Akan tetapi seorang Hacker hanya menyusup dalam sistem komputer untuk meningkatkan skill dan menemukan celah yang rawan. Seperti halnya apabila seorang hacker dapat masuk dalam jaringan komputer, maka hacker dapat melakukan dan mengontrol semua akses user dalam sistem jaringan tersebut, namun tidak sampai merusaknya.

Cracker adalah seseorang yang berusaha masuk kedalam sistem komputer, meretas dan menyusup, dan akan merusak suatu sistem komputer. Seperti saat telah berhasil menyusup ke sistem komputer, lalu menemukan informasi yang sangat penting dan tidak boleh disebar luaskan, akan tetapi oleh Cracker justru menyebar luaskan informasi tersebut, bahkan Cracker akan merusak dengan cara meretas keamanan komputer dan mencuri software yang berlisensi.

Persamaan Hacker dengan Cracker

Hacker dan Cracker mempunyai persamaan yaitu melakukan aktivitas penyusupan atau meretas terhadap suatu jaringan atau sistem komputer. Mereka akab berusaha mendapatkan seluruh akses user yang berada di jaringan tersebut dengan tujuan tertentu.

Perbedaan Hacker dengan Cracker

1. Tujuan Hacker dan Cracker

Hacker menyusup untuk menemukan celah atau bug atau kesalahan dalam suatu system dan memberutahu kelemahan secara ilegal

Cracker menyusup system dengan tujuan untuk menemukan dan mencuri data atau informasi penting yang dimiliki oleh korban

2. Keinginan Hacker dan Cracker

Hacker senang mempelajari hal-hal yang baru dalam hal peretasan untuk mengasah kemampuannya dalam pengamanan system

Cracker lebih cenderung berfikiran negatif dalam mempelajari hal-hal baru, seperti menghalalkan segara cara untuk merusak system komputer

3.  Kesadaran Hacker dan Cracker

Hacker telah sadar akan apa yang telah dilakukannya. Dikarenakan sifat hacker yang membantu, biasanya akan disewa secara legal

Cracker kebanyakan bekerja secara sembunyi-sembunyi dengan tujuan untuk merugikan orang lain atau korban dan menguntungkan dirinya sendiri

 4. Kemanusiaan Hacker dan Cracker

Hacker merupakan komunitas yang terbuka, tak jarang mereka akan saling berbagi ilmu dengan hacker-hacker yang lain

Cracker merupakan komunitas yang tertutup, inilah yang menjadikan cracker bersifat negatif

Itulah perbedaan Hacker dan Cracker. Apabila kalian tertarik untuk belajar tentang ilmu peretasan kompuer atau hacking, sebaiknya niatkan diri kalian untuk tujuan yang baik,bukan untuk meretas dan kemudian merusaknya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close