Fenomena Aplikasi Tiktok di Masa Pandemi | Apa Manfaat dan Dampak Yang Ditimbulkan

Fenomena Aplikasi Tiktok di Masa Pandemi | Apa Manfaat dan Dampak Yang Ditimbulkan?

Fenomena Aplikasi Tiktok di Masa Pandemi

Fenomena Aplikasi Tiktok di Masa Pandemi - Pancarama.com - Sudah berbulan-bulan bahkan satu tahunan lebih masyarakat Indonesia harus berdiam diri dirumah saja. Itu karena adanya aturan pemerintah yang mewajibkan semua orang untuk tetap menjaga jarak dan dirumah saja jika tidak ada kepentingan yang mendesak atau penting. Dalam kondisi seperti ini akan dapat menimbulkan rasa bosan yang berlebih, apalagi bagi para remaja milenial yang tergolong generasi aktif. Mereka cenderung lebih suka keluar untuk bermain bersama teman-teman sebayanya. Oleh karena itu mereka membutuhkan kegiatan yang tetap dapat membuat mereka terhubung dengan teman-temannya, salah satunya adalah media sosial.

Media sosial saat ini menjadi salah satu solusi terkini yang bisa dijangkau oleh generasi milenial untuk selalu tetap terhubung dengan teman-temannya. Hal itu juga sejalan dengan karakteristik para milenial yang sangat dekat dengan penggunaan teknologi (wijayanti,2020). Membahas tentang media sosial, salah satu media sosial yang kini sedang menjadi trend adalah aplikasi tiktok. Ya, tiktok kini seakan menjadi aplikasi primadona yang sangat layak dan wajib diunduh oleh semua orang.

Bahkan menurut survei dari Sensor Tower yang dilansir dari Okezone.com, tiktok telah mengalahkan aplikasi besar lainnya seperti Facebook dan Instagram (Ferdiansyah,2020). Hasil tersebut terjadi lantaran aplikasi tiktok ini telah diunduh lebih dari 700 jt pengguna pada tahun 2019 dan jumlahnya terus meningkat hingga akhir mei 2020.

Di Negara Indonesia sendiri, saat ini penggunaan tiktok masih sangat banyak digemari oleh seluruh masyarakat dibalik pro dan kontranya. Berbagai kalangan usia, dari muda hingga yang tua pun turut meramaikan penggunaan aplikasi tiktok ini. Ditambah lagi dengan banyaknya selebgram, aktor dan aktis Indonesia yang juga mengunggah video tiktok mereka keakun media sosial sehingga semakin membuat tiktok banyak digemari generasi milenial Indonesia.

Manfaat dan Dampak Penggunaan Aplikasi Tiktok

Fenomena tiktok yang banyak digemari masyarakat ini bukanlah sesuatu hal yang aneh lagi. Sebab tiktok dengan berbagai macam fiturnya memang menawarkan hal yang berbeda dan menarik. Hal itulah yang menjadi kelebihan dan daya tarik dari tiktok, sehingga banyak digemari oleh para penggunanya.
Jika pada awalnya tiktok dikenal dengan unggahan vidio yang hanya digunakan untuk bersenang-senang atau menghibur, kini berbagai macam ide konten dapat ditemukan. Mulai dari konten yang mengedukasi, tutorial memasak, makeup dan konten yang menghibur atau konten-konten lainnya dapat ditemukan didalamnya.

Manfaat lain yang dapat ditemukan dari penggunaan aplikasi tiktok adalah dapat dijadikan tempat berbisnis. Para pengguna tiktok bisa membangun brand image mereka sendiri hanya dengan mengunggah vidio bisnis mereka di tiktok. Tiktok juga dapat menjadikan media promosi dengan kreativitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Cara lain yang dapat dilakukan adalah bekerja sama dengan konten creator atau influencer terkenal juga dapat dijadikan salah satu upaya dalam menunjang bisnis. Cara terakhir yang bisa dimanfaatkan dengan pengunaan tiktok adalah menggunakan hastag yang sedang hanyat atau menjadi topik utama atau yang sedang tranding dibicarakan.

Kembali lagi, tiktok hanyalah sebuah platform aplikasi yang dibuat oleh penciptanya. Tujuan dari dibuatnya pun masyarakat luas tidak akan mengerti. Jadi, mengenai kontra keamanan dan nilai buruk, sebenarnya kembali lagi kepada penggunanya. Jika penggunanya dapat mengontrol diri dalam penggunaan dan menjaga keamanan data yang diberikan, maka sebenarnya aplikasi tiktok masih dapat menjadi destinasi. Jadi, sebagai pengguna, sebagai generasi milenial yang sangat menggemari dan mengikuti perkembangan aplikasi, dapat diharapkan menjadi pengguna yang bijak.

Rewritter : Rina

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama