Cara Mengatasi Handphone Yang Lemot dan Mengatasinya

Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya.

Cara Mengatasi Handphone Yang Lemot dan Mengatasinya

Mengatasi Handphone Lemot - Pancarama.com - Anda sedang mengalami masalah dengan Smartphone, mungkin salah satunya karena Handpone yang lemot saat digunakan, tenang, kali ini saya akan memberikan artikel apa saja sih penyebab Hp lemot dan bagaimana cara mengatasinya? 

Handpone yang telah digunakan lama, maka bisa menurunkan performa, termasuk daya tahan baterai yang menurun. Hal ini lah yang membuat kita akan merasa jengkel dan emosi bahkan sampai kita ingin membantingnya, hahahaaa. Kapasitas RAM dan penyimpanan yang sedikit, bisa jadi juga menjadi penyebab hp menjadi lemot.

Tenang saja, diartikel ini kita akan membahas apa sih yang menyebabkan handpone kita menjadi lemot dan bagaimana sih cara mengatasinya, silahkan disimak yah gaeesss.

Penyebab Handpone Menjadi Lemot :

1. Banyak Aplikasi yang Sedang Berjalan.

Apabila banyak aplikasi yang berjalan di suatu smartphone, bisa jadi menyebabkan hp anda menjadi lemot karena kapasitas ram yang telah berkurang, bahkan bisa menjadikan hp menjadi terasa panas. Untuk itu tutup aplikasi yang tidak digunakan setelah tidak dibuka.

2. Penyimpanan Memori serta RAM yang tidak cukup.

Seperti yang dikatakan tadi, memori dan ram yang penuh, juga bisa menjadikan hp menjadi lemot. Untuk mengatasinya silahkan download aplikasi pembersih yang terpercaya diplaystore unutk menghapus segala data malware, lakukan secara rutin untuk menghapus data malware agar performa menjadi lebih baik.

3. Handpone tidak memiliki penyimpanan eksternal.

Handpone yang tidak memiliki penyimpanan eksternal, atau kartu memori, juga bisa menjadikan hp menjadi lemot, karena hanya mengandalkan memori internal, sehingga secara tidak langsung data data anda semua akan tertumpuk di memori internal, sehingga memori internal pada hanpone anda akan cepat habis, untuk itu pakailah memori eksternal atau kartu memori.

4. Penggunaan antivirus yang banyak.

Antivirus memang penting untuk melindungi handpone kita, tapi janganlah anda mengisntall banyak antivirus, karena akan menyebabkan performa smartphone anda menjadi lebih berat, karena antivirus yang berjalan di latar belakang sangat banyak.

5. File cache yang menumpuk.

File cache yang menumpuk juga bisa menjadi salah satu penyebab handpone anda menjadi lemot, untuk itu anda harus rutin membersihkannya, karena setiap hari pasti akan ada file cache di handpone yang anda gunakan. 

Cara membersihkannya cukup mudah hanya dengan menggunakan aplikasi cleaner yang didownload melalui palaystore atau melalu pengaturan di aplikasi yang di handpone anda.

6. Sistem operasi yang tida sesuai.

Sistem operasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi hp anda, dapat menjadikan hp anda lemot, jadi janganlah memaksakan untuk mengupdate sistem operasi handpone anda jika kapasitas memori dan ram yang tidak cukup.

Itulah beberapa penyebab hp anda lemot, dan kali ini akan kita bahas bagaimana sih caranya untuk mengatasi handpone yang lemot.

Cara Mengatasi Handpone Yang Lemot :

1. Selalu periksa kapasitas memori.


Salah satu penyebab yang menjadikan handpone kita menjadi lemot adalah memori yang telah habis
Kapasitas memori sangat penting dalam penyimpanan data yang kamu miliki, untuk itu jangan terlalu berlebihan dalam melakukan penyimpanan, terutama di memori internal, karena akan berpengaruh pada performa di handpone anda.

2. Bersihkan layar beranda

Bersihkan layar beranda anda dari aplikasi aplikasi, termasuk dalam penggunaan wallpaper atau widget widget yang dapat mengakibatkan handpone anda menjadi lemot.

3. Mengaktifkan mode hemat data

Dengan mengaktifkan mode hemat data secara tidak langsung, menjadikan performa handpone anda menjadi lebih lebih baik, karena semua telah diatur untuk meminimalisir segala resiko pengeluaran data yang banyak yang dapat menjadikan handpone menjadi lemot.

4. Menggunakan satu antivirus saja

Jangan menginstall banyak aplikasi antivirus, karena antivirus antivirus tersebut akan berjalan dilatar belakang yang secara tidak langsung akan mempengaruhi kapasitas RAM, sehingga menjadikan hp menjadi lemot dan daya tahan baterai yang akan berkurang.

5. Menghapus aplikasi yang jarang digunakan

Aplikasi yang terlalu banyak, juga berpengaruh pada penyimpanan handpone anda, untuk itu segera hapus aplikasi yang tidak atau jarang digunakan.

6. Update perangkat lunak

Jika ada notifikasi untuk pembaharuan perangkat lunak, segeralah untuk memperbaharuinya, karena versi perangkat lunak yang baru juga dapat meningkatkan performa handpone menjadi lebih baik lagi. Tapi selalu perhatikan kapasitas penyimpanan handpone anda, karena jika kapasitas memori internal yang tidak cukup maka akan menimbulkan masalah yang baru lagi.

7. Membersihkan cache yang menumpuk

Selalu periksa dan bersihkan cache yang berjalan di aplikasi yang anda gunakan, jangan sampai menumpuk yang dapat menjadikan handpone anda menjadi lemot.

8. Melakukan factory reset

Cara yang terakhir adalah dengan melakukan factory reset atau mengemmbalikan pengaturan handpone ke setetan pabrik, namun jangan lupa untuk membackup data data anda yang penting terlebih dahulu

Itulah beberapa penyebab handpone menjadi lemot dan cara untuk mengatasinya, mungkin masih ada beberapa cara lain yang masih belum disebutkan diatas, untuk itu silahkan memberikan komentar agar bisa saya tambahkan di artikel ini. Terima kasih dan semoga bisa bermanfaat unutk kita semua, selamat mencoba.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close