Beragam Modus Phising Yang Wajib Diketahui

3 Ragam Modus Phising Yang Wajib Untuk Diketahui

Beragam modus phising yang harus diwaspadai

Beragam Modus Phising - Pancarama.com - Ada banyak cara untuk mengelabuhi seseorang, terkhususnya melalui media online. Dengan banyaknya pengguna media online, tentu akan semakin banyak orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data dan bahkan melakukan berbagai cara penipuan.

Berbagai cara dilakukan untuk melakukan segala bentuk kejahatan, termasuk melalui media online dengan mengirimkan link atau tautan, seperti phising. Apakah kalian mengetahui pengertian phising?

Pengertian Phising

Phising merupakan upaya pencurian data dengan mengirimkan tautan atau link yang memungkinkan bagi pelaku kejahatan cyber dapat menguasai akun atau mencuri uang dari data yang dicurinya. 

Berbagai Modus Phising, Segera Hindari

Inilah 3 ragam modus phising yang harus kalian ketahui, agar untuk menjamin keamanan data pribadi kalian.

1. Modus Aja

Modus phising atau pencurian data seperti ini akan menjerumuskan target untuk mempermudah dalam berkomunikasi. Biasanya si pencuri akan memberikan penjelasan kepada target untuk mau menuruti kemauannya. Contohnya seperti ini "Sepertinya kalo lewat Email akan lebih lama, bisakah melalui chat lewat WhatsApp? "

2. Modus Banget

Modus ini sudah mulai menjerumuskan si target untuk mulai menuruti kemauan dari si pencuri data.

3. Modus Phising

Bentuk modus phising ini bisa dilakukan melalui email, telepon, sms, atau bahkan melalui website. Si pencuri akan mengirimkan link atau tautan kepada target untuk di buka. 

Cara Menghindari Modus Phising

Untuk itu, jangan membagikan berbagai informasi pribadi seperti CVV (Card Verification) , OTP (One Time Password), dan PIN (Personal Identification Number) untuk menghindari segala bentuk penipuan atau pencurian data apapun.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kita untuk selalu berhati-hati dalam memberikan informasi seputar data pribadi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close