Apa itu SSD ? Kelebihan, Kekurangan, Fungsi, dan Perbedaan dengan HDD

Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Fungsi, dan Perbedaan SSD dengan HDD

 Apa itu SSD, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Perbedaan dengan HDD - Pancarama.com - Hallo kawan-kawan, selamat datang di blog Pancarama.com, dikesempatan kali ini saya akan membagikan artikel mengenai seputar hardware dari komputer, yaitu SSD.

Apa itu SSD, kelebihan dan kekurangan SSD, dan Perbedaan antara SSD dengan HDD

Ya, SSD merupakan komponen yang penting untuk menunjang komputer, serta sebagai fungsi utamanya yaitu untuk menyimpan file. Tentu sama saja dengan HDD yang fungsinya untuk sebagai penyimpan file, namun apakah kamu mengetahui apa itu SSD, fungsi, kelebihan, kekurangan, dan perbedaannya dengan HDD.

Oleh karena itu, sangat penting untuk kita untuk mengetahui informasi seputar pengertian dan cara kerjanya agar kita tidak kecewa dan sia-sia setelah membelinya. Tentunya kamu tidak menginginkan hal itu terjadi bukan, karena kamu belum mengetahui banyak mengenai SSD.

Semua itu akan terhidar jika kamu mengetahui tentang SSD dan bagaimana cara memilih SSD yang mempunyai kualitas bagus.

Pengertian SSD

SSD atau Solid State Drive merupakan media penyimpanan data yang menggunakan memori berupa chip/serangkaian IC. Teknologi ini mirip dengan USB Flash Drive dimana perangkat kerasnya tidak menggunakan piringan magnetis sebagai media penyimpanan.

Sesuai dengan namanya, SSD mempunyai tipe memori yang solid dan tak bergerak secara fisik, karena tidak menggunakan piringan lagi.

Perbedaan SSD dengan HDD

SSD dan HDD sebenarnya mempunyai persamaan, yakni berfungsi sebagai media penyimpanan dengan kapasitas relatif besar, jadi SSD sudah menggunakan memori berupa chip sebagai media penyimpanannya yang mempunyai kemiripin dengan Flashdisk

Sedangkan pada HARDISK masih menggnakan memori penyimpanan berbentuk piringan yang bergerak dan berputar dengan kecepatan tertentu yang dihitung berdasarkan RPM.

Setelah pemakaian yang cukup lama sekitar 3-5 tahun, bisa saja terjadi kejadian bad sector atau mengalami penurunan performa bahkan kerusakan yang parah.

Dari sisi kecepatan pun SSD lebih unggul dibandingkan dengan SSD. Perbedaan yang mencolok lainnya yaitu pada harganya, harga SSD jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD.

Perbedaan SSD Laptop dan SSD PC

Ada beberapa jenis SSD yang terkadang membuat banyak orang kebingungan, apakah SSD yang bisa digunakan di laptop, bisa juga digunakan di PC? Jawabannya adalah bisa, hanya jenis dan ruang pemasangannya saja yang berbeda. 

Jika PC kamu mempunyai ruang yang cukup luas, bisa kamu gunakan untuk memasang sesuatu dan bisa dengan mudah meng upgrade komponen lainnya. Sedangkan untuk laptop, memerlukan ruang yang luas, sehingga terkadang harus mengorbankan ruang DVD ROM jika tidak ada slot khusus yang disediakan oleh laptop.

Fungsi SSD

Hampir semua sudah pasti tahu mengenai fungsi dan kegunaan dari SSD, yaitu untuk menyimpan data dan file. Namun pada umumnya, SSD biasanya digunakan khusus untuk menyimpan file sistem operasi agar kinerja nya menjadi lancar.

Nah dengan kecepatan yang tinggi itulah banyak orang menggunakan SSD sebagai tempat atau wadah penyimpanan sistem operasi, sedangkan file lainnya disimpan di HDD.

Keunggulan SSD daripada HDD

Berikut ini beberapa keunggulan SSD dibanding HDD :

1. Kecepatan / Speed yang tinggi

Keunggulan utama yang dimiliki oleh SSD yaitu di kecepatannya,entah saat booting, pencarian file, gaming, multitasking, dan lainnya saat menggunakan SSD akah terasa sangat ringan dan lebih cepat, namun hal ini juga tak lepas dari pengaruh processor dan RAM yang kamu gunakan juga.

Pada umumnya, untuk kecepatan membaca SSD bisa mencapai 200 MB/s, bahkan ada yang 500 MB/s, sedangkan pada HDD hanya berkisar antara 50 MB/s - 120 MB/s.

2. Desain Ramping

Desain SSD lebih kecil, tipis, dan ringan dibanding dengan HDD, jadi kamu tidak terlalu kesulitan untuk pemasangannya

3. Fisik Lebih Kuat

SSD jauh lebih kuat dibandingkan dengan HDD, itu karena memori yang digunakan didalam SSD adalah sebuah chip, sedangkan pada HDD menggunakan piringan besi yang berputar, sehingga saat tergoris sedikit atau terkena guncangan akan mudah rusak.

4. Tidak Berisik

Hardisk yang panas atau ada bad sector yang rusak biasanya akan berbunyi, tentu itu akan membuat kamu merasa tidak nyaman saat menggunakannya bukan? Namun tidak dengan SSD, karena SSD menggunakan chip.

5. Hemat Listrik

SSD hanya memerlukan kurang lebih 2-3 watt daya listrik saja, sedangkan pada HDD bisa 6-7 Watt, tentu ini adalah hal yang menguntungkan juga bukan.

6. Tidak Menghasilkan Panas

Keunggulan lain dari SSD adalah tidak menghasilkan panas, sedangkan pada HDD masih bisa memunculkan panas.

7. Bebas Gaya Magnet

Salah satu keunggulan utama pada SSD anti Magnet, yaitu jika data-data pada HDD akan hilang jika terkena gaya magnet, sedangkan pada SSD akan aman-aman saja.

Kekurangan SSD

Setelah kamu mengetahui keunggulan dari SSD, kamu juga harus mengetahui apa saja sih kekurangan dari SSD. Berikut ini kekurang dan kelemahan SSD :

1. Harga Lebih Mahal

Yang pasti kalian tahu, jika keunggulan sudah ada didepan mata, pasti harga juga yang berbicara. Meski kapasitas yang diberikan sama, namun harga SSD jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD.

2. Masa Pakai Tidak Menentu

Meski secara fisik lebih unggul, tapi tidak dengan urusan menulis data dan masa pakainya. Itu karena umur SSD ditentukan seberapa banyak file yang pernah ditulis, sedangkan pada HDD ditentukan oleh rusaknya piringan didalam nya.

3. Kapasitas Terbatas

Untuk saat ini, kapasitas maximal SSD hanya 1TB saja, sedangkan pada HDD sudah sampai 6TB.

Cara Memilih SSD Yang Bagus

Saat kamu ingin membeli SSD, pastikan juga memilih dengan jeli. Banyak orang bilang ada harga ada kualitas. Tapi tidak dapat dipungkiri juga, sekarang banyak produk palsu yang dijual dengan merk yang bagus.

Jadi kamu harus jeli dan mengetahui spesifikasi dan jenisnya sebelum kamu membelinya, dan sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Sekian artikel mengenai Spesifikasi SSD dan cara memilih SSD yang Bagus, semoga artikel ini bisa membantu kamu yang sedang ingin mencari SSD baru.

Jika kamu suka dengan postingan ini, silahkan share agar bisa bermanfaat untuk banyak orang. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya, terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close