Cara Mengatasi Facebook Lite Error Yang Tidak Bisa Dibuka

 Cara Mengatasi Facebook Lite yang Error

Cara Mengatasi Facebook Lite Error Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Facebook Lite Error - Pancarama.com - Hallo teman-teman, selamat datang di blog Panca Rama, blog yang memberikan edukasi seputar informasi teknologi, keuangan, pendidikan dan lain-lain. Dikesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai salah satu aplikasi yang sangat populer dikalangan masyarakat, ya Facebook.

Apa itu Facebook?

Facebook (menurut Wikipedia) adalah jejaring sosial media yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil foto dengan foto, kontak, ataupun informasi, dimana penggunanya dapat bergabung didalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Mulai dari anak remaja hingga orang tua hampir semuanya menggunakan Facebook sebagai sosial medianya, karena facebook menyediakan banyak sekali fitur-fitur gratis yang menarik dan cara penggunaanya yang sangat mudah.

Di Facebook kamu bisa menjalin pertemanan dengan pengguna lain, membagikan status, chattingan, melakukan live streaming, bergabung di grub, melakukan jual beli online, dan lain sebagainya. Meskipun telah memiliki fitur yang cukup lengkap, pihak Facebook masih terus melakukan Update untuk selalu berinovasi memberikan fitur-fitur terbaru.

Cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa di Buka

Jejaring sosial Facebook bisa dibuka melalui berbagai alternatif, melalui website browser ataupun aplikasi facebook, seperti Facebook Lite ataupun Facebook Dekstop. Diciptakannya alternatif tersebut supaya memudahkan pengguna untuk mengakses Facebook dimanapun dan kapanpun selama kamu mempunyai koneksi internet.

Jika kamu membuka Facebook melalui komputer PC/laptop bisa menggunakan browser atau menginstall Facebook Dekstop, jika kamu membuka Facebook dengan Hp, bisa menggunakan browser, aplikasi Facebook, dan aplikasi Facebook Lite. Dengan beberapa cara diatas, banyak orang lebih memilih menggunakan Facebook Lite untuk membuka Facebook.

Aplikasi Facebook Lite pada dasarnya sama saja dengan aplikasi Facebook pada umumnya, namun aplikasi ini jauh lebih ringan dan ukuran yang kecil saat di install di seluruh HP. Namun, terdapat beberapa fitur yang masih belum tersedia di versi Lite.

Dengan banyak nya para pengguna aplikasi Facebook Lite, tidak sedikit juga orang yang mengeluhkan seringnya terjadi kendala atau error pada aplikasi Facebook Lite, salah satu nya yaitu error saat aplikasi Facebook Lite tidak dapat dibuka.

Mengatasi Facebook Lite Error

Saya sendiri sebagai pengguna aplikasi Facebook Lite juga terkadang mengeluhkan hal tersebut, namun jangan khawatir, saya akan memberikan solusi bagaimana cara mengatasi Facebook Lite yang tidak bisa dibuka, silahkan simak cara berikut ini :

1. Update Aplikasi Facebook Lite

Langkah pertama untuk mengatasi facebook lite tidak bisa dibuka adalah mengupdate aplikasi facebook lite ke versi terbaru. Error yang terjadi pada aplikasi biasanya disebabkan karena adanya sebuah error sistem atau kesalahan pada aplikasi tersebut, dengan mengupdate ke versi terbaru, error  tersebut bisa teratasi.

Berikut ini adalah cara mengupdate aplikasi Facebook Lite ke versi terbaru :

  • Buka PlayStore/AppStore
  • Ketik dikolom pencarian "Facebook Lite"
  • Klik update
  • Tunggu hingga proses download update selesai

2. Hapus Data dan Cache Aplikasi

Selain dengan mengupdate aplikasi Facebook Lite yang error, kamu bisa menggunakan cara menghapus data dan cache di aplikasi Facebook Lite, karena setiap aplikasi memiliki data atau cache yang tersimpan di memori penyimpanan ponsel mu. Semakin sering aplikasi tersebut digunakan, maka semakin besar juga ukuran data dan cache aplikasi tersebut.

Data yang terlalu menumpuk menyebabkan aplikasi mengalami gangguan atau error yang tidak dapat dibuka, jadi kamu harus membersihkan penyimpanan secara berkala. Cara nya yaitu dengan membuka pengaturan aplikasi Facebook Lite lalu Klik Hapus Data dan Cache.

3. Paksa Henti Aplikasi Facebook Lite

Cara lain untuk mengatasi Facebook Lite yang error atau tidak bisa dibuka yaitu dengan menutup secara paksa, dengan begitu semua proses yang berjalan dilatar belakang akan dihentikan, dan kamu bisa menggunakannya kembali dari awal. Caranya yaitu dengan membuka pengaturan aplikasi Facebook Lite dan klik Paksa Berhenti.

4. Install Ulang Aplikasi

Jika cara tiga diatas aplikasi Facebook kamu masih error, coba gunakan cara untuk mengintall ulang aplikasi Facebook Lite, karena bisa jadi aplikasi Facebook Lite yang kamu install di ponselmu sekarang ini terdapat file corrupt atau rusak yang mengakibatkan aplikasi tidak bisa dibuka atau error. Cara nya yaitu dengan meng uninstall aplikasi facebook lite, kemudian mendownloadnya lagi di PlayStore atau AppStore.

5. Pastikan Koneksi Internet Lancar dan Stabil

Untuk dapat mengakses aplikasi Facebook, dibutuhkan koneksi internet yang lancar dan stabil. Penggunaan koneksi internet yang lambat bisa mengakibatkan aplikasi Facebook Lite error atau tidak lancar saat digunakan. Jadi pastikan koneksi internetmu lancar dan stabil agar bisa mengakses Facebook Lite tanpa kendala.

6. Restart Ulang Ponsel

Terkadang masalah yang muncul pada aplikasi tidak selalu disebabkan karena eror pada aplikasi, bisa jadi disebabkan oleh sistem pada ponsel yang tidak maksimal atau error. Cara mengatasi hal ini ialah dengan melakukan restart atau mematikan ponsel kamu untuk sementara waktu.

7. Server Facebook Lite Down

Karena jumlah pengguna nya yang sangat banyak, pastinya Facebook juga memiliki server yang sangat besar dan bekerja selama 24 jam tanpa henti. Nah, terkadang hal tersebut juga bisa membuat server facebook mengalami gangguan atau down. Jika hal ini terjadi, kamu harus menunggu sampai pihak Facebook selesai melakukan pemeliharaan atau maintenance pada aplikasi mereka.

8. Kosongkan RAM Ponsel

Saat aplikasi dibuka, pasti membutuhkan ruang penyimpanan sementara atau biasa disebut dengan RAM agar bisa berjalan dengan baik. Jika RAM ponsel kamu tidak mencukupi, maka aplikasi tersebut tidak dapat dibuka. Nah jika RAM ponsel kamu sudah penuh, kosongkan terlebih dahulu dengan cara menutup aplikasi lain yang telah dibuka sebelum menggunakan Facebook Lite.

9. Kosongkan Ruang Penyimpanan Ponsel

Selain RAM, aplikasi yang telah di install di ponselmu membutuhkan ruang penyimpanan agar bisa berjalan dengan lancar, karena saat kamu membuka aplikasi terdapat data cahche yang disimpan di memori internal ponselmu. Jika memori internal mu telah penuh, aplikasi yang akan kamu buka tidak akan berjalan dengan lancar, oleh karena itu kosongkan memori penyimpanan dengan cara menghapus file-file yang tidak penting atau memindahkan file tersebut ke penyimpanan eksternal.

10. Laporkan Masalah ke Pihak Terkait

Jika dengan beberapa cara diatas masih belum bisa teratasi, cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan melaporkannya ke pihak Facebook. Silahkan kamu melaporkan permasalahan kamu ke pihak Facebook dengan melalui menu Bantuan yang ada. Sertakan juga bukti-bukti pendukung permasalahan seperti Screenshoot an dan nomer seri perangkat yang kamu gunakan, dan tunggu beberapa saat sampai laporan yang kamu ajukan ditanggapi oleh pihak Facebook.

Jadi seperti itu cara mengatasi Facebook Lite yang Error dan Tidak Bisa Dibuka, namun mungkin ada penyebab lainnya sehingga Facebook Lite error yang belum saya cantumkan diatas. Jika kamu mengetahui, silahkan tambahkan di kolom komentar yang ada di postingan ini.

Jika kamu suka dan tertarik pada artikel ini, silahkan share ke media sosial kamu lainnya, agar postingan ini bermanfaat untuk banyak orang. Sampai jumpa dipostingan berikutnya, terima kasih telah berkunjung di blog Pancarama.com.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close