3 Panduan Membeli Laptop Budget Minim Buat Pemula

Panduan Membeli Laptop Untuk Pemula Dengan Budget Minim

Tips anti salah membeli laptop untuk pemula

Panduan Membeli Laptop Buat PemulaPancarama.com - Kalian ingin membeli laptop tetapi kebingungan memilih karena banyak sekali berbagai macam varian laptop. Bisa kalian bayangkan saja dalam satu merk laptop terdapat banyak sekali type atau serisenya dan bahkan dalam satu series ada banyak varian yang membedakannya, seperti prosessor, RAM, Hardisk atau penyimpanan dan lainnya.

Kalian bisa membeli laptop dengan mempertimbangkan kecukupan kebutuhan, karena pasti kalian akan memikirkan fungsionalitas laptop kedepannya. Setelah  menyesuaikan kebutuhan hal selanjutnya menyesuaikan budget atau dana yang dimiliki. Nah langsung saja saya akan memberikan seputaran tips membeli latop untuk pemula.

Tips Anti Salah Membeli Laptop Untuk Pemula

1. Processor

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat membeli laptop adalah spesifikasi prosesor. Jika spesifikasi prosesor tinggi pastinya akan mumpuni untuk melakukan segala aktivitas. Apabila budget yang kalian miliki pas-pasan, pastikan untuk membeli laptop sesuai dengan kebutuhan yang dilakukan, karena akan mubazir apabila kalian membeli laptop dengan spek yang tinggi namun dipergunakan untuk melakukan pekerjaan ringan.

Disetiap prosesor terdapat kode huruf akhir seperti Core i5 U, Y, H, dan lainnya. Untuk kebutuhan seperti editer video atau game berat disarankan untuk membeli laptop dengan spesifikasi prosesor inter core i5 versi H. Untuk spesifikasi prosesor dengan kode akhir U dan Y merupakan prosesor yang didesain untuk penghematan baterai, tetapi performanya tidak sekencang serie H.

Saran jika kalian memiliki budget antara 5-6 jutaan, kalian bisa membeli laptop dengan prosesor intel Core i3 gen 7. Untuk gen 8 lebih harganya jauh lebih mahal dikisaran 6 sampai 10 jutaan.

2. Kapasitas RAM

Berapa sih idealnya Kapasitas RAM untuk sebuah laptop? Pastinya tidak pasti, karena semua itu menyesuaikan kebutuhan. Jika kalian menginginkan kelancaran dalam pekerjaan apapun, laptop dengan RAM 8 GB adalah kapasitas yang ideal. Dengan RAM 8 GB kalian sudah bisa melakukan untuk bermain game, edit video, edit desain foto, dan lainnya.

Paling tidak jika pekerjaan yang kalian lakukan ringan, pilihlah laptop dengan kapasitas RAM 4 GB. Dengan RAM tersebut kalian sudah bisa memenuhi segala tugas yang ringan. Namun jika untuk memenuhi tugas berat, kalian bisa menambahkan RAM menjadi 8 atau 16 GB, namun dengan harga yang jauh lebih mahal.

3. Penyimpanan

Pilihlah laptop dengan penyimpanan jenis SSD, karena SSD membuat aktifitas buka dan tutup aplikasi menjadi lebih cepat, meski kapasitas nya yang lebih kecil dibandingkan dengan HDD.

Budget yang diperlukan untuk memiliki laptop dengan SSD 128GB / 256GB berkirsar 4-5 jutaan. Memang jumlah tersebut sedikit tetapi kalian bisa menambahkan dengan memberikan penyimpanan eksternal apabila masih terdapat slot penyimpanan HDD.

Itulah sedikit tips untuk kalian yang ingin membeli laptop dengan spesifikasi yang cukup baik. Perkiraan budget yang perlu dikeluarkan untuk membeli laptop dengan spesifikasi yang cukup handal sebesar 6-8 jutaan. Itu sudah cukup untuk membantu segala tugas anda.

Kesimpulan nya yaitu pastikan untuk membeli laptop sesuai dengan kebutuhan atau tugas kalian, jangan membeli laptop spesifikasi tinggi namun untuk mengerjakan tugas yang ringan, karena nanti akan mubazir mengeluarkan banyak uang, namun beli lah laptop yang sesuai dengan kebutuhan yang bisa membantu anda untuk menyelesaikan tugas kebutuhan kalian. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close