Cara Copas Tulisan Dari Web Terkunci

Begini Cara Mudah Copas Teks Dari Sebuah Web Yang Dikunci.

Begini Cara Mudah Copas Teks Dari Sebuah Web Yang Dikunci.

Cara copas teks dari web yang dikunci - Pancarama.com - Pernahkah kalian mencoba untuk meng copy sebuah tulisan dari suatu web, akan tetapi kalian gagal karena web tersebut telah dikunci. Mungkin pemilik website mempunyai alasan tersendiri, salah satunya yaitu melindungi kontennya dari tindakan copy paste.

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan beberapa cara agar website yang tidak bisa di copy paste bisa di copy paste dengan cukup mudah.Kalian bisa mencoba beberapa cara yang akan saya berikan agar bisa menyalin tulisan atau teks dari website yang dilindungi dengan fitur anti copas.

Copy Paste Teks Web Yang Terkunci

1. Menggunakan ekstensi browser absolute enable right click & copy

Dengan menggunkan ekstensi chrome yang bernama RightToCopy kalian dapat melakukan copy paste dan dapat mengakses kembali tombol klik kanan.

Apalagi ekstensi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, dan bisa kalian download secara gratis, serta bebas dari serangan virus yang mengganggu. 

Untuk pengguna browser firefox pun sama saja mempunyai ekstensi yang bernama Absolute Enable Right Click & Copy dan fungsinya hamper sama dan dapat kalian dapatkan dengan gratis.

2. Mematikan fitur javascript pada browser

Kode javascript juga berperan untuk memblokir fitur anti copy paste pada sebuah website, akan tetapi, dengan mematikan fitur javascript ini terkadang membuat tampilan website menjadi berantakan, namun jika memang karena terpaksa, kalian bisa melakukannya, berikut ini caranya :

Pengguna browser chrome :

  1. Buka alamat chrome://settings/content/javascript
  2. Di bagian blokir, klik Tambahkan, dan masukkan alamat website yang tidak bisa dicopas.
  3. Setelah berhasil, coba refresh halaman website tersebut, dan silahkan dicoba

3. Mengunjungi versi AMP dari website

AMP atau Accelerated Mobile Pages yaitu sebuah versi halaman yang lebih ringan dari suatu website karena banyaknya elemen yang ditiadakan termasuk Javascript. Caranya yaitu dengan menambahkan slug amp di akhir URL website yang akan kalian copy paste

Contohnya

https://infotahu.my.id/pekerjaan-yang-mudah/

ubah menjadi

https://infotahu.my.id/pekerjaan-yang-mudah/amp dan coba kalian kunjungi.

Sebagian website masih belum mendukung fungsi AMP ini, sehingga cara ini tidak sepenuhnya dapat dilakukan.

4. Mencoba dengan pesan dialog print Ctrl+P

Hampir semua browser menyediakan perintah untuk mencetak suatu halaman website dengan langsung. Untuk itu kalian dapat mencobanya dengan cara:

  1. Masuk ke sebuah website yang ingin di copas, lalu tekan Ctrl+P
  2. Pada halaman Preview, salin teks yang diinginkan
  3. Paste atau tempelkan

5. Copas dengan memanfaatkan fitur Inspect Element

Fitur ini memang kurang populer karena fitur ini fungsinya diperuntukkan kepada developer website. Akan tetapi kalian dapat mencobanya jika dengan cara diatas, hasilnya kurang memuaskan.

Cara nya yaitu :

  1. Masuk ke website yang akan di copas, lalu klik kanan, pilih Inspect Elemen, atau tekan Ctrl+Shift+I
  2. Pilih paragraph/teks yang akan di copy
  3. Klik Copy Element

Kekurangan dari cara ini yaitu hanya dapat menyalin paragraph demi paragraph, apalagi cara ini dapat membingungkan bagi orang awam yang tidak mengerti tentang html.

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi website yang tidak dapat di copy paste, jika masih ada cara yang lain, silahkan tambahkan dikolom komentar yang ada dibawah ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close