Mengenal Microsoft Clarity : Tools Untuk Analisis Website Gratis

Microsoft Clarity Untuk Analisis Website

Mengenal Microsoft Clarity, Tools Untuk Meng Analisis Website Secara Gratis

Microsoft Clarity Tools Analisis Website Gratis - Pancarama.com - Tidak lengkap rasanya jika ada sesuatu yang kurang pada website Anda, iya Microsoft Clarity. Di artikel kali ini saya akan menjelaskan informasi seputar Microsoft Clarity dan Manfaat nya.

Microsoft Clarity merupakan alat khusus yang memberikan analisis pengalaman pengguna ke desktop hanya dengan beberapa klik saja.

Microsoft Clarity gratis digunakan oleh semua orang dan mudah untuk ditambahkan ke situs web Anda. 

Anda dapat mendapatkan detail tentang apa yang dilakukan oleh pengguna dan bagaimana cara mereka melakukannya. Bagian proses analisis tersebut antara lain merekam kembali sesi oenguna dengan mengamati interaksi mereka.

Apa itu Microsoft Clarity?

Microsoft Clarity adalah sebuah tools analisa visitor dari Microsoft yang bisa membagikan gambaran bagaimana pengunjung atau visitor berinteraksi dalam satu web.

Apakah Microsoft Clarity Akan Menggantikan Google Analytics?

Tentu tidak, sebelum itu saya sempat mengira bahwa Microsoft Clarity akan bersaing dengan Google Analytics, tetapi setelah saya mencobanya, ternyata memang tidak ada niat Microsoft Clarity untuk bersaing apalagi menggantikan Google Analytics.

Apa Saja Fungsi Microsoft Clarity?

Session Playbacks

Session Playbacks mempunyai fungsi untuk merekam kegiatan dari pengunjung website kita. Maksud dari kata merekam ini memang benar-benar merekam seperti kalian merekam video layar visitor website serta kita dapat menontonnya dari layar kita.

Kita juga dapat melihat detail lengkap dari kegiatan mereka, mulai dari device / perangkat yang mereka gunakan, URL yang dipakai untuk menjelajah, dan berapa lama mereka mendatangi URL tersebut.

Heatmap

Fungsi Heatmap adalah membagikan gambaran visual dari klik yang dilakukan oleh pengunjung website Anda. Jika ada area yang di klik oleh pengunjung, maka aktivitas tersebut akan terekam.

Terdapat 3 tanda untuk mengetahui seberapa besar klik yang dilakukan oleh visitor :

  • Biru : Sedikit Klik nya
  • Kuning : Medium Klinya
  • Merah : Banyak Kliknya

Anda dapat mengamatinya melalui menu navigasi, apa saja yang telah banyak di akses oleh pengunjung

  • Heatmap dari Microsoft Clarity ada 2 jenis, yaitu :
  • Click Heatmap : digunakan untuk membuktikan zona atau area yang banyak di klik pada website
  • Scroll Heatmap : digunakan untuk membuktikan sejauh mana pengunjung melihat postingan di website Anda.

Insight

Anda juga dapat melihat informasi yang cukup men detail melalui Microsoft Clarity. Meskipun tidak selengkap Google Analytics, kita dapat melihat informasi yang tidak dapat Anda liat di dalam Google Analytics. Informasi lengkap ini bisa langsung muncul secara langsung secara otomatis di Dashboard Microsoft Clarity setelah Anda memasang script atau kode yang telah tersedia.

Informasi lengkap yang muncul di Dashboard Microsoft Clarity antara lain :

  • Dead Clicks : Memberikan informasi seputar klik yang dilakukan oleh visitor namun tidak berpengaruh pada halaman lainnya.
  • Rage Clicks : Memberikan informasi seputar klik yang dilakukan oleh visitor dengan kilat pada area kecil yang sama pada website Anda.
  • Excessive Scrolling : Memberikan informasi seputar scroll halaman website yang melebihi panjang halaman.
  • Quick Backs :Memberikan informasi seputar visitor yang mendatangi sebuah halaman website, kemudian kembali ke halaman sebelumnya.

Rage Clicks

Fitur ini bisa memberikan informasi seputar kegiatan visitor website Anda yang nge klik satu area secara berulang-ulang. Mungkin seoarang visitor menyangka bahwa area tersebut merupakan link tertentu padahal itu bukan. Bisa jadi terdapat kekurangan  pada segi desain atau visual pada website Anda sehingga para visitor menyangka bahwa itu link, padahal bukan.

Ingin Menggunakan Microsoft Clarity Untuk Website Anda?

Anda dapat menggunakan Microsoft Clarity secara gratis dengan mendftar melalui akun google, microsoft, atau akun facebook Anda. Tambahkan sebuah proyek baru dengan template dasar, nama situs, URL, serta kategori yang sudah di sesuaikan dengan template Anda.

Anda juga bisa membuat sebuah kode pelacakan unik untuk sebuah projek yang kalian sertakan dikonten halaman Anda. Itu merupakan sebuah fungsi JavaScript yang terdapat dihalaman Head Block, setelah kode pelacakan dipasang, maka secara otomatis akan mengirim kan data ke dasbor Microsoft Clarity Anda.

Terdapat 2 role yang ada di Microsoft Clarity untuk anggota tim atau pengurus akun Microsoft Clarity, yaitu Administrator dan Member. Pemberian role tersebut tidak terbatas oleh email dari domain, sehingga siapapun bisa Anda ajak untuk menjadi Admin dan Member dalam tim Microsof Clarity Anda.

Cara Install Microsoft Clarity

Ada banyak cara untuk memasang Microsoft Clarity, cukup memasang sebuah script yang telah disediakan di bawah head pembuka <head> di situs Anda. Sama halnya dengan Anda memsang kode pelacakan Google Analytics. Jika kalian bngung simak langkah-langkah berikut untuk memasang kode pelacakan Microsoft Clarity :

  1. Buka halaman resmi Microsoft Clarity
  2. Klik Get Started
  3. Sign in dengan akun Microsoft, Google, atau akun Facebook Anda
  4. Buat sebuah projek baru
  5. Isi data yang di minta
  6. Salin kode pelacakan yang diberikan, lalu tempelkan di bawah head pembuka <head> pada situs kalian.
  7. Klik get started
  8. Izinkan Microsoft Clarity edit entitas pengelolahan Google Analitycs
  9. Izinkan Microsoft Clarity melihat dan mendownload seluruh data Google Analytics
  10. Selesai, silahkan tunggu kurang kebih 3 jam sampai Microsoft Clarity siap untuk digunakan.

Sekian artikel mengenai Microsoft Clarity yang bisa kalian gunakan untuk melihat informasi lebih detail mengenai website atau situs Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close