Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi Terbaru

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Cara Unload Bootloader Smartphone Xiaomi - Pancarama.com - Siapa yang tak mengenal xiaomi? Ya, jenis handphone keluaran dari Cina ini memang sangat laris di pasaran elektronik, terutama di negara Indonesia. Hampir sebagian besar penduduk yang tinggal dikota metropolitan memakai ponsel Xiaomi, selain karena harga yang relatif cukup terjangkau, spesifikasi mesin dan fitur yang diberikan bisa bersaing dengan smartphone lainnya.

Apakah kamu tahu jika Xiaomi mengeluarkan HP keluaran terbaru yang dikenal dengan POCO. Walau desain model terkenal cukup klasik, tapi berbeda dengan rilisan tahun-tahun sekarang, dimana tampilan luarnya tidak tampak begitu elegan dan tipis. Tetapi performa yang dimiliki oleh Smartphone POCO mampu bersaing dengan smartphone merk lainnya, apalagi ditambah dengan fitur jaringan yang sudah 5G.

Kapan lagi bisa mendapatkan ponsel seharga 2 jutaan yang sudah mendukung jaringan 5G, mau lebih keren lagi, ada yang 3 jutaan POCO X3 PRO yang sudah dilengkapi dengan Snapdragon 860, kecanggihannya setara dengan Samsung Galaxy S20, namun dengan harga yang lebih terjangkau. OS yang digunakan juga sudah MIUI 12 dan dilengkapi dengan fingerprint dan face unlock.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Terbaru

Popularitas yang di miliki oleh Xiaomi ternyata bisa membuat pihaknya yakin untuk bersaing dengan merek smartphone ternama seperti Apple. Ambisi tersebut di jelaskan langsung oleh CEO sekaligus pendiri Xiaomi, Lei Jun. Satu upaya yang telah dilakukan oleh perusahaan asal Cina ini bisa dilihat dari besarnya anggaran dana untuk melakukan riset tersebut yang mencapai 225 Triliun Rupiah.

Tekad yang ingin dituju oleh perusahaan Xiaomi yaitu ingin menjadi sebuah brand yang dapat masuk ke kategori high end terbesar selama 3 tahun kedepan di negaranya. Selain itu sudah ada produk keluaran terbaru yang belum lama rilis yaitu Xiaomi 12, ada juga Poco M4 Pro yang sudah disebar luaskan di negara India pada Februari 2022.

Oke langsung saja ke pembahasan utama, unlock bootloader Xiaomi. Bootloader mempunyai arti sebagai kode yang harus diselesaikan oleh OS atau sistem operasi ketika beroperasi, salah satunya yang tertanam di dalam Hp Xiaomi. 

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

1. Persiapkan Akun dan Alat

  • Akun MI dengan minimal jangka waktu 3 hari setelah aktivasinya. Dan pastikan kamu sudah login ke ponsel yang akan dibuka kuncinya.
  • Siapkan kabel USB sebagai penyambung ke PC / Laptop. Minimal windows yang digunakan adalah windows 7 dan sudah tersedia software Mi Unlock Tools dan ADB Fastboot.

2. Aktif kan Opsi Pengembang

  • Aktifkan ponsel Xiaomi kamu ke mode developer atau opso pengembang, lalu lanjutkan cara Unlock Bootloader Xiaomi dengan klik menu "Pengaturan > Tentang Ponsel >Versi MIUI". Tunggu sampai pemberitahuan opsi pengembang telah aktif.

3. Akses Operasional di Opsi Pengembang

  • Pada bagian ini kamu klik menu "Pengaturan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang".
  • Mulai untuk Unlock Bootloader dengan memilih pilihan Status Mi Unlock pada ponsel.

4. Aktifkan Status dari Mi Unlock

  • Setelah berhasil masuk di setelan Mi Unlovk, akan muncul konfirmasi perizinan di layar ponsel kamu, klik Setuju / Allow
  • Sebelumnya, pastikan kartu SIM yang di gunakan, nomornya telah terdaftar di slor SIM 1 pada ponsel, kemudian aktifkan mobile data, hindari penggunaan jaringan WIFI untuk sementara waktu.
  • Klik Tambah Akun dan Perangkat, tunggu sampai proses selesai
  • Lalu akan muncul pemberitahuan "Berhasil Ditambahkan"

5. Geser ke Posisi ON untuk Aktifkan OEM Unlocking dan USB Debugging

  • Masuk ke menu Opsi Pengembang, lalu aktifkan Buka Kunci OEM dan Debugging USB, lalu tinggal geser ke kanan sampai berubah menjadi warna biru

6. Masuk ke Alat Mi Unlock

  • Selanjutnya, fokus ke laptop / PC kalian, lakukan ekstrak file dari folder yang telah di unduh sebelumnya dengan cara pilih "miflash_unlock", lalu klik kanan dan buka dengan cara Run As Administrator.

7. Konfirmasi Persetujuan

  • Pastikan kamu memperhatikan isi disclaimer yang muncul di layar laptop/PC, lalu klik Agree.

8. Masuk ke Akun Mi

  • Log in ke akun MI di laptop dengan menggunakan akun MI yang digunakan pada ponsel sebelumnya.

9. Pilih Mode Fastboot

  • Jika muncul motifkasi "Not Connected to The Phone", tenang saja, kamu tinggal menyambungkan perangkat Xiaomi dengan laptop/PC dengan menggunakan kabel USB.
  • Pastikan dalam mode "Fastboot" saat pengkoneksian ke laptop/PC.

10. Sambungkan Ponsel Xiaomi ke Laptop/PC

  • Tempatkan kode "Fastboot" di HP untuk melakukan Unlock Bootloader Xiaomi
  • Matikan ponsel untuk mulai mode Fastboot.
  • Hidupkan ponsel dengan cara menekan "Tombol Power dan Volume Bawah" pada waktu yang bersamaan.

11. Tunggu Sampai Proses Unlock Bootloader Berhasil

  • Setel Handphone Xiaomi dengan kabel USB untuk disambungkan ke Laptop / PC sampai muncul status "Phone Connected" dilayar laptop / PC.
  • Operasikan cara Unlock Bootloader Xiaomi dengan klik "Unlock", lalu pilih Unlock Anyway.
  • Proses unlock bootloader berjalan dan tunggu hingga prosesnya 100% .
  • Jika muncul notifikasi "Couldn't Unlock After 72 Hiurs Of Trying To Unlock Device", artinya proses Unloc Bootloader gagal dan harus mengulang kembali setelah 3 hari atau 72 jam, dan mengulangi proses dari nomor 1.
  • Jika muncul pemberitahuan "Unlocked Succesfully" artinya proses Unlock Bootloader telah berhasil dilakukan.
  • Jika telah berhasil, pilih Reboot Handphone dan Restart HP Xiaomi kamu.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Yang Bootlop

Jika handphone kalian bootlop dan tetap ingin melakukan flash ulang, gampang kok. Pastikan posisikan HPnya sudah selesai proses unlock bootloader sampai berhasil. Begitu pula bagi pengguna yang ingin melakukan pemasangan MOD atau pun custom ROM, harus menyelesaikan Unlock Bootloader terlebih dahulu.

Cara unlock bootloader Xiaomi yang bootlop cukuo sulit dilakukan jika tanpa arahan yang jelas, terutama bagi pengguna pemula Xiaomi. Setelah kamu berhasil melakukan install ADB Driver, langsung masuk ke mode fastboot. Hubungkan HP ke laptop atau PC, lalu masuk ke CMD dan pindah ke mode fastboot device.

Setelah berhasil terdeteksi, artinya drives sudah berhasil terinstall di perangkat, lalu ketik perintah berikutnya, fastboot reboot edl. Apabila HP kalian mati tapi posisi lampu LED nya berubah menjadi kedap kedip, tandanya kamu sudah berhasil masuk ke mode EDL, dan setelah itu lakukan langkah terakhir dengan melanjutkan flash seperti semula.

Sekian cara unlock bootloader Xiaomi yang saya berikan, mungkin untuk pemula dirasa cukup sulit, tapi dengan cara di atas sudah cukup untuk mencobanya. Terima kasih telah berkunjung di blog saya dan silahkan di share informasi bermanfaat ini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close