Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Website dan Blog

Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Website dan Blog

Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Website dan Blog

Memilih Hosting Terbaik Untuk Website dan Blog - Pancarama.com -  Hosting merupakan sebuah layanan online yang dipergunakan untuk mengelola data situs dan aplikasi web oleh pengguna yang ditampilkan melalui internet. Disaat membuat suatu website atau blog, pastinya dibutuhkan tempat untuk menyimpan data file dan kemudian menampilkannya di internet sehingga bisa di akses oleh orang secara online.

Untuk membuat sebuah website atau blog yang bagus dan profesional, kuncinya ada pada hosting. Karena hosting bisa menentukan performa website atau blog yang kalian buat. Apabila hosting mempunyai kualitas yang buruk, dapat membuat website atau blog menjadi lambat di akses, bahkan sama sekali tidak dapat di akses.

Selain hosting, untuk membuat website atau blog dibutuhkan domain. Domain adalah sebuah nama dengan alamat IP fisik di Internet, contohnya seperti pancarama.com atau bisa dengan menggunakan nomer angka misal 192.102.xxx.x.

Terkadang penyedia akan menyediakan satu paket yang berisi hosting dan domain. Untuk seorang pemula yang terjun dalam bidang ini, tentu akan sangat kebingungan untuk memilih hosting dan domain yang tepat untuk websitenya.

Tips Memilih Hosting Untuk Webstie Menjadi Optimal

Untuk itu, saya akan memberikan cara memilih hosting yang berkualitas sehingga membuat website kalian menjadi optimal. Berikut tips nya :

1. Beli lah di Tempat Resmi

Belilah di penyedia atau perusahaan resmi yang telah terdaftar di Kemenkumham dan atau terdaftar di Kemkominfo. Jika ada yang menawarkan hosting dengan harga yang murah di grub facebook atau seosial media lainnya, jangan dibeli.

Karena membeli hosting di perusahaan resmi akan memberikan rasa aman dan memiliki resiko kecil penipuan, selain itu juga memberikan pelayanan yang optimal.

2. Info Kualitas Server

Cari info seputar kualitas servernya, sebab server yang buruk menjadikan website menjadi sulit di akses. Bila hal itu terjadi, kalian akan rugi dan bisa berpotensi kehilangan pengunjung.

Kebanyakan perusahaan mengatakan bahwa uptime hosting yang ditawarkan bagus, namun jangan langsung percaya begitu saja. Cobalah untuk mencari tahu seputar kualitas server atau bertanya kepada teman-teman kalian yang menggunakan layanan yang sama.

Lokasi server juga perlu diperhatikan. Apa bila kalian menargetkan pengunjung dari dalam negeri atau Indonesia, pilihlah hosting lokal dengan lokasi server di Indonesia, dan bila target pengunjung dari luar negeri, pilih hosting yang servernya berlokasi di Amerika atau Singapura.

3.  Info Sistem Keamanan

Keamanan dalam hosting salah satu hal yang harus di perhatikan. Carilah penyedia hosting yang memberikan keamanan serta perlindungan website dari serangan yang berbahaya. Jangan sampai website kalian mudah untuk dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Sesuaikan Dengan Website Yang Akan Dibuat

Beda jenis website yang akan dibuat, beda juga kebutuhan hostingnya. Untuk itu ketahuilah dahulu website seperti apa yang akan dibuat, apakah hanya berisi tulisan saja, tulisan dengan banyak gambar, atau online streaming.

Jika website yang kalian buat berisi artikel saja, tidak perlu menggunakan hosting dengan spek tinggi, spek menengah bahkan rendah tak akan jadi masalah, jika full penyimpanannya hanya lakukan upgrade saja.

5. Pastikan Memiliki Fitur Upgrade

Setiap hosting memiliki kapasitas masing-masing, ada yang 500 MB ata bahkan lebih dari 16 GB. Semakin besar kapasitas semakin banyak file dan pengunjung yang dapat ditampung. Ada waktunya kunjungan di website menjadi tinggi, sehingga kalian perlu melaukan upgrade untuk menaikkan kapasitas.

Untuk itu pilih penyedia hosting yang menyediakan layanan upgrade, sehingga kalian tidak perlu takut apabila suatu saat nanti website kalian kekurangan kapasitas.

6. Info Support Yang Tanggap

Customer Service juga harus menjadi pertimbangan dalam memilih hosting, karena jika suatu saat nanti ada masalah yang terjadi di hosting, customer service yang akan membantu dalam kesulitan. Oleh karena itu, jangan memilih penyedia hosting yang tidak memiliki layanan support atau layanan supportnya buruk.

7. Berfasilitas Addon Domain

Saat membuat website, selain meng hosting kannya, pastinya juga memberikan sebuah nama atau domain. Oleh karena itu, pastikan kalian mencari hosting dan juga mendapatkan domain.

Dengan addon domain, kalian bisa meng online kan banyak website sekaligus dengan menggunakan 1 domain saja.

8. Tersedia Fasilitas CPanel

Tersedianya cPanel berguna untuk mengatur segala informasi dan data di dalam website kalian. Oleh karena itu ketersediaan cPanel merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Dengan cPanel kalian bisa membuat email profesional sendiri dengan mudah.

9. Testi Pelanggan

Lihat dahulu testimoni dari pelanggan sebelum berlanggan hosting, dengan begitu kalian bisa melihat mana hosting yang berkualitas baik dan mana hosting yang mempunyai banyak masalah dengan pelanggannya,

Tak hanya dari situs resminya, testimoni juga dapat dilihat melalui ulasan yang ditulis di pemilik blog situsnya masing-masing. Bisa juga dengan meminta testimoni secara online melalui grub-grub atau forum media sosial.

10. Ada Dukungan Softaculous

Untuk memilih hosting terbaik, pastikan memiliki fitur dukungan Softacuolus Supportnya, fitur ini akan sangat membantu dalam proses installasi CMS seperti WordPress, Joomla, dan masih banyak lagi, selain itu fitur softaculous juga dapat membantu mengatur database dan konfigurasi CMS.

Itulah tips memilih hosting untuk mengoptimalkan website atau blog yang dapat kalian terapkan, pastikan kalian tidak salah memilih hosting untuk website atau blog masing-masing dan jangan membeli atau berlangganan hosting di penyedia hosting yang tidak resmi, karena kalian tidak akan mendapat support yang profesional dari layanan tersebut. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama