Lindungi Konten Website Dengan Daftar DMCA

Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Website

Melindungi Website Dengan DMCA Agar Terhindar Dari Plagiarisme Konten Website

Cara Daftar DMCA Blog - Pancarama.com - Ada yang mengetahui tentang DMCA? Apakah DMCA itu? Di kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai DMCA dan cara mendaftarnya.

DMCA atau Digital Millenium Copyright Act kerap dirujuk pada saat ada permasalahan terkait hak cipta. Saat membicarakan soal keamanan, tidak hanya situs web kalian saja yang perlu dilindungi, namun konten di situs kalian juga harus dilindungi.

Untuk membobol sebuah situs, seseorang memerlukan sejumlah ketrampilan, keahlian dan pengetahuan  untuk bisa melakukannya dengan sempurna.

Akan tetapi mencuri konten dari sebuah website seseorang merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Untuk itu menjaga agar konten kalian yang tulis dan post di blog kalian adalah salah satu hal yang sangat penting.

Menjaga konten yang dimaksudkan disini ialah menjaga agar konten kalian tidak dijiplak atau ditiru oleh orang lain, karena konten yang ditiru akan berpengaruh dalam hal SEO website kalian.

Lalu, bagaimanakah cara melindungi konten-konten website agar tidak diplagiasi orang lain?

Mendaftarkan sebuah website pada DMCA merupakan hal yang sangat tepat jika seseorang mengalami pelanggaran hak cipta. 

Untuk membahas lebih lanjut mengenai DMCA lebih lanjut, mari kita bahas apa yang dimaksud DMCA?

Pengertian DMCA

DMCA adalah sebuah hukum dari AS yang muncul pertama kali pada Oktober 1998, hukum ini berkaitan dengan pelanggaran hak cipta pada karya-karya digital.

Bukan hanya itu saja, hukum ini juga mencakup produksi atau pembuatan serta distribusi software yang dipergunakan untuk melakukan segala pelanggaran hak cipta dan karya digital.

Hukum ini menjamin keamanan beberapa provider servis online termasuk pada provider internet dari segala hukuman pelanggaran hak cipta.

DMCA merupakan hukum yang melindungi konten kalian dari segala pencurian. Apabila seseorang menjiplak atau mencuri bahkan mengakui konten kalian sebagai miliknya, DMCA bisa membantu untuk menyelesaikannya.

Cara Kerja DMCA

Proteksi DMCA dapat digunakan untuk berbagai jenis konten, seperti teks, gambar, audio, dan video. Jika kalian membuat semua jenis konten tersebut,  tentunya kalian memiliki hak penuh atas konten itu.

 Jika ada seseorang yang sudah mengupload konten kalian ke website mereka tanpa seizin kalian, kalian bisa mengajukan DMCA Takedown notice untuk mengeluarkan peringatan penghapusan kepada provider internet yang telah menghosting website tersebut.

Layanan penghapusan DMCA bisa membantu kalian mengajukan pemberitahuan dan dapat menurunkan konten curian kalian secara langsung dengan biaya tertentu.

Namun ada beberapa jenis konten yang tidak mencakup pada DMCA, misalnya hal-hal seperti ide, nama, penampilan, atau merek dagang yang bersaing.

Bukan hanya itu saja, DMCA merupakan hukum milik Amerika Serikta, tapi hukum ini tidak bisa selalu bekerja di negara lain, tapi kalian tidak perlu khawatir karena pada beberapa negara telah memiliki hukum di negara nya masing-masing yang sama halnya seperti DMCA, seperti negara New Zealand, Australia, India dan negara-negara Eropa yang telah memiliki perlindungan hak cipta bagi karya-karya digital.

Cara Daftar DMCA (Digital Millenium Copyright Act)

Cara mendaftar DMCA cukup mudah, kalian hanya registrasi di DMCA.com untuk memasang badge di website atau blog kalian.

Klik Sign Up di bagian kanan atas layar, kemudian pilih Get A Free Badge.

Setelah itu kalian tinggal memilih jenis badge yang ingin kalian masukkan di blog atau website, kemudian isi data di bagian kanan yang meliputi nama depan, nama belakang, dan emai kalian, lalu klik Sign up.

Kemudian kalian hanya meng-copy teks atau kode embed yang ada dibagian kanan layar untuk ditempelkan pada kode html website atau blog kalian.

Sekian artikel yang membahas seputar apa itu DMCA dan cara mendaftarkannya. Semoga informasi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama